Pages

Sabtu, 21 Oktober 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura : Memotivasi Karyawan


Teori Motivasi
Motivasi karyawan dipengaruhi oleh kepuasan pekerjaan, atau tingkat dimana karyawan puas dengan pekerjaanya. Perusahaan mengenali kebutuhan kepuasan dari para karyawannya.
      Pada tahun 1943, Abraham Maslow, seorang psikolg mengembangkan teori Hierarki Kebutuhan. Teori ini menyarankan manusia dibagi dalam lima kategori umum, yaitu
1.                   kebutuhan fisiologis
2.                   kebutuhan akan rasa aman
3.                   kebutuhan akan kepemilikan
4.                   kebutuhan akan penghargaan
5.                   kebutuhan akan aktualisasi diri (self-actualization needs).

          Studi kepuasan Herzberg menyarankan bahwa faktor faktor pencegah ketidakpuasan pekerjaan adalah berbeda dengan faktor faktor pendorong kepuasan pekerjaan. Imbalan yang layak dan kondisi kerja mencegah ketidakpuasan, sementara tanggung jawab dan pengakuan  mendorong kepuasan pekerjaan.

Teori X dan Y
          Teori X dan Y McGregor menyatakan jika para pengawas percaya bahwa  karyawan tidak menyukai pekerjaan dan tanggung jawab (Teori X), mereka tidak mendelegasikan tanggung jawab dan karyawan tidak termotivasi ; namun jika pengawas percaya bahwa karyawan memilih tanggung jawab (teori  Y), mereka memotivasi karyawan dengan mendelegasikan tanggung jawab lebih banyak. 
Teori Z
          Teori z menganjurkan bahwa karyawan akan lebih puas jika mereka terlibat langsung dalam pengambilan keputusan, dan kemudian akan levih termotivasi.

Teori Pengharapan
          Teori pengharapan menyarankan bahwa karyawan akan lebih termotivasi jika kompensasi sesuai dengan tujuan yang dapat dicapai dan memberikan penghargaan
Teori Ekuitas
          Menyarankan bahwa karyawan akan akan lebih termotivasi jika kompensasi mereka sesuai dengan kontribusi relatif pada total output perusahaan
Teori Pemaksaan
          Menyarankan bahwa karyawan lebih termotivasi untuk berkinerja lebih baik jika mereka dihargai untuk kinerja yang tinggi (pemaksaan positif) dan hukuman untuk kineja yang buruk (pemaksaan negatif)
          Perusahaan dapat mendorong kepuasan pekerjaan dan kemudian memotivasi karyawannya dengan memberikan :
1.     program kompensasi yang dapat berupa bonus karena telah melakukan pekerjaan dengan baik ataupun dengan kenaikan gaji
2.     keamanan pekerjaan
3.     jadwal kerja yang fleksibel
4.     program keterlibatan karyawan


Pemerimaan, Pelatihan, dan Evaluasi Karyawan
Ada tiga fungsi utama dalam perencanaan sumber daya manusia yaitu:
1.     peramalan sumber daya manusia
2.     analisis pekerjaan, analisis pekerjaan mengizinkan pengawas dari       posisi pekerjaan tersebut untuk mengembangkan  spesifikasi pekerjaan dan deskripsi kerja, diman spesifikasi pekerjaan adalah mencakup persyaratan yang diperlukan untuk melakukan kualifikasi pekerjaan tersebut dan deskripsi pekeraan adalah mencakup tugas tugas dan dan tanggung jawab dari posisi pekerjaan tersebut
3.     Penerimaan karyawan, perekrutan dibagi menjadi dua yaitu perekrutan internal dan eksternal, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan apabila kita akan merekrut tenaga kerja , diantaranya adalah penyaringan pelamar,menentukan keputusan penerimaan karyawan



Paket kompensasi diberikan oleh perusahaan meliputi gaji, opsi saham, komisi, bonus, pembagian keuntungan, tunjangan karyawan, tunjangan jabatan.
Setelah perusahaan memperkerjakan karyawan biasanya mereka memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan teknis, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan pelayanan pelanggan, keterampilan keamanan, dan kemampuan dalam hubungan manusia.
Kinerja karyawan dapat dievaluasi dengan membagi evaluasi ke dalam beberapa kriteria berbeda, yang menilai suatu peringkat evaluasi  untuk setiap ukuran dan membobot setiap ukuran. Peringkat kinerja keseluruhan adalah jumlah bobot semua kriteria yang diberikansebuah peringkat setelah pengawas mengevaluasi karyawan, mereka harus mendiskusikan evaluasi tersebut dengan karyawan dan mengidentifikasikan setiap kelebihan tertentu, jugs setiap kelemahan tertentu yang harus diperbaiki

1 komentar:

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About