1.
Pembagian kerja (division of labour)
adalah Pemerincian tugas pekerjaan agar setiap individu dalam organisasi bertanggung
jawab untuk dan melaksanakan kegiatan yang terbatas.
2.
Depertementalisasi adalah Pengelompokan
kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan yang sejenis dan saling
berhubungan dapat dikerjakan bersama.
3. Fungsi manajer :
a)
Perencanaan merupakan persiapan suatu
perusahaan untuk kondisi bisnis di masa yang akan datang.
b)
Pengorganisasian merupakan pengaturan para karyawan dan
sumber-sumber lain dengan cara yang konsisten dengan sasaran perusahaan.
c)
Kepemimpinan merupakan proses untuk
mempengaruhi kebiasaan orang lain demi pencapaian sasaran bersama.
d)
Pengawasan bertugas memonitor dan
mengevaluasi tugas-tugas yang diberikan.
4.
Perencanaan mempunyai kaitan
erat dengan pengawasan karena pengawasan betugas untuk memantau dari hasil
kerja perusahaan , apkah sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan tujuan
yang diharapkan.
5.
Pemilihan lokasi perusahaan
yang tepat adalah penting, karena
a)
Efisiensi tenaga kerja dan sumber daya alam
b)
Efisiensi biaya transporasi
produksi
c)
Agar produk yang ditawarkan
tepat pada sasaran dan pada wilayah yang sesuai.
6.
Yang dimaksud dengan jangkauan pengawasan adalah jumlah
karyawan yang berada di bawah setiap manajer. Terdapat dua jenis jangauan
pengawasan, yaitu :
a)
Jangkauan Pengawasan Sempit yaitu jika
struktur organisasi dirancang agar setiap manajer hanya mengawasi beberapa
karyawan. Begitu pula sebaliknya,
b)
Jangkauan Pengawasan Luas dirancang agar
setiap manajer mengawasi banyak karyawan
7.
Keuntungan dari Korporasi :
a)
Tanggung Jawab Terbatas.
b)
Akses terhadap Dana mudah dan
cepat.
c)
Transfer Kepemilikan mudah dan
cepat.
8.
Yang dimaksud dengan Organisasi
Lini adalah struktur
organisasi yang hanya terdiri dari jabatan lini, dan tidak ada jabatan staf.
Sedangkan yang dimaksud dengan Organisasi Lini dan Staf adalah struktur organisasi yang
terdiri dari baik jabatan lini dan staf serta pemberian wewenang kepada
karyawan yang berasal dari manajemen yang lebih tinggi.
9.
Fungsi manajer berdasarkan
tingkatannya,
a)
Manajemen puncak (tingkat tinggi) Para manajer dalam posisi seperti presiden, direktur
utama, direktur keuangan, dan wakil presiden, yang membuat keputusan, mengenai
sasaran-sasaran jangka panjang perusahaan.
b)
Manaiemen menengah para manajer yang
sering kali bertanggung jawab atas keputusan jangka pendek.
c)
Manajemen pengawas (garis depan) Para manajer yang umumnya berhubungan erat dengan para
karyawan yang terlibat dalam proses produksi sehari-hari.
10. Lingkungan yang mengelilingi bisnis ada 3, yaitu :
a)
Lingkungan Ekonomi
Menjelaskan kondisi ekonomi yang berlangsung dan terbentangnya
resiko maupun manfaat yang dihadapi perusahaanterhadap kondisi tersebut.
b)
Lingkungan Industri
Menjelaskan pertanyaan dalam industri dan permintaan secara umum
atas produk tersebut dalam industri.
c)
Lingkungan Global
Menenetukan bagaimana permintaan produk mungkin berubah dalam reaksi
kepada kondisi global yang akan datang.
11. Franchise (waralaba) merupakan suatu pengaturan di mana seorang pemilik bisnis franchisor
(perusahaan pemberi izin waralaba) memperbolehkan orang lain (franchise) memakai
merek dagangnya, nama dagangnya, atau meniru haknya, dalam kondisi tertentu. Keuntungan Waralaba :
a)
Gaya Pengelolaan yang telah
Terbukti.
b)
Nama yang telah Dikenal.
c)
Dukungan Dana.
Kerugian Waralaba :
a)Berbagi Keuntungan.
b)
Pengendalian Keuntungan
12. Beberapa perusahaan berusaha menyerahkan sebagian besar wewenang
kepada para manajer tingkat tinggi, yang disebut sebagai sentralisasi.
Desentralisasi,
berarti wewenang terbagi di antara berbagai divisi
atau para manajer. Bentuk ekstrem dari desentralisasi adalah otonomi, di
mana divisi diperbolehkan membuat keputusan sendiri dan bertindak secara
independen.
Keuntungan Desentralisasi
struktur organisasi yang terdesentralisasi mampu meningkatkan kinerja
perusahaan karena alasan berikut ini. Pertama, desentralisasi menurunkan biaya
operasi, karena gaji beberapa karyawan yang tidak diperlukan lagi dapat
dihapus, Kedua, mempercepat proses pembuatan keputusan, karena para karyawan di
tingkat yang lebih bawah diberi lebih banyak kekuasaan. Ketiga, memotivasi
beberapa karyawan dengan memberikan lebih banyak tanggung jawab kepada mereka.
Keempat, memungkinkan para karyawan yang sang at terlibat dalam produksi produk
tertentu untuk memberikan masukan mereka. Sedangan,
Kerugiannya adalah
Struktur organisasi yang didesentralisasi juga memiliki kerugian. Hal ini
mungkin memaksa para manajer untuk membuat keputusan besar, Meskipun mereka
tidak memiliki pengalaman untuk membuat keputusan seperti itu atau cenderung
untuk tidak erbuat demikian. Di samping itu, jika para manajer menengah dan
pengawas diberi tanggung jawab yang sangat besar, terdapat kemungkinan bahwa
mereka tidak mampu menyelesaikan semua tugas mereka.
0 komentar:
Posting Komentar