Kun-Hee Lee sebagai CEO dari samsung group memberikan suatu gambaran
dimana sekarang ini kita berada di tengah-tengah sebuah revolusi digital yang
dicirikan dengan inovasi dan kreativitas yang tiada henti-hentinya. Lee juga
berpendapat bahwa perusahaan yang dipimpinnya, yaitu Samsung, tidak boleh
berhenti berusaha walaupun telah meraih prestasi gemilang, melainkan harus
tetap berusaha agar dapat tetap bertahan di lingkungan yang cepat sekali
berubah. Hal ini karena pada abad ke 20, lingkungan ini telah digerakan oleh
kemajuan dalam produktivitas dimana yang menjadi kunci penggerak adalah
kreativitas dan inovasi tiada henti.
Dengan semakin majunya teknologi, Lee berpendapat bahwa salah satu
cara terbaik untuk tetap bisa bersaing dengan perusahaan lain adalah dengan
menanamkan semangat kreatifitas yang tinggi pada setiap karyawan, dimana setiap
karyawan diberikan kebebasan untuk berkreasi sesuai dengan kata hati mereka
masing-masing dan mendorong karyawan untuk tidak takut akan aral rintangan. Lee
berani menanamkan semangat kreativitas ini karena beliau mengakui bahwa inspirasi bisa datang dari tempat-tempat yang
tidak mungkin.
Lee juga berpesan bahwa untuk bisa bertahan di dunia digital yang
semakin berkembang ini, Samsung perlu memperkuat hubungan dengan konsumen
dengan mitra bisnis. Adanya hubungan yang kuat dengan mitra bisnis diharapkan
dapat menimbulkan suatu kolaborasi yang baru dan inovatif yang dapat mendukung
kemampuan perusahaan untuk tetap bertahan di dunia digital yang semakin
inovatif. Selain itu, Samsung juga diharapkan dapat melanjutkan komitmen mereka
yaitu memberikan sumbangsihnya bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar
perusahaan untuk mencapai masyarakat yang lebih baik dengan cara terus
melanjutkan berbagai macam usaha sosial.
PENERAPAN TEORI
MOTIVASI PADA SAMSUNG GROUP
Dari artike diatas, terdapat hubungan antara teori motivasi seperti yang kita pelajari pada Evolusi
Perkembangan Manajerial dengan aplikasinya di SAMSUNG group, yaitu :
Teori ERG oleh Clayton
Aldefer
- Kebutuhan Kehidupan
Merupakan kebutuhan-kebutuhan akan kesejateraan fisik.
- Kebutuhan keterhubungan
Menyinggung pemenuhan hubungan dengan orang lain
- Kebutuhan Pertumbuhan
Berfokus pada perkembangan potensi manusia dan keinginan
akan pertumbuhan pribadi serta kompetensi yang meningkat.
Teori ini diterapkan oleh CEO dari samsung group dalam hal
memberikan kebebasan kepada para karyawannya untuk berani mengeluarkan kreativitas
dan mendorong karyawan untuk meningkatkan potensi mereka. Selain itu, juga
menanamkan rasa sosial terhadap lingkungan sekitar dan kesejahteraan masyarakat
yang ada di sekeliling perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar