Dalam hal ini, Steve Jobs membuat
sebuah langkah revolusioner dengan membuat spesialisasi pekerjaan dan
mengangkat beberapa orang pengganti untuk menempati posisi yang berbeda,
seperti :
1. Presiden,
2. Staf keuangan
3. Hubungan masyarakat
4. Pemasaran.
Seperti yang dikemukakan oleh Dupin
yang berusahan menyeimbangkan beban kerja menjadi beberapa bagian kerja. Spesialisasi
ini dilakukan demi pembagian kerja yang merata dan adil untuk meningkatkan
kinerja manajemen dan produktivitas perusahaan, yang juga telah dikemukakan
dalam 14 Prinsip Manajemen menurut Henry Fayol, yang ada pada butir pertama,
yaitu Pembagian Kerja. Hal ini sangat perlu dilakukan supaya pekerjaan cepat
selesai namun mendapatkan hasil dengan kuantitas yang lebih banyak. Dan sebagai
teknisi komputer yang mengerti benar tentang komponen komputer dsan kinerjanya,
Steve Jobs sudah tepat melaksanakan langkahnya.
Idealnya, seorang manajer harus mampu
mengetahui teknis dan konsep produksi dan memahami kebutuhan karyawan
sekaligus. Namun sayangnya, keterampilan teknis dan konseptual yang dimiliki
oleh Steve Jobs tidak dilengkapi dengan keterampilan manusianya sehingga
memberikan atmosfer yang tidak terlalu bagus dalam perusahaan. Tetapi dengan
inisiatif pembagian kerja yang dia lakukan diatas, paling tidak dia telah
berusaha memberikan cara-cara menejemen yang terbaik bagi perusahaannya.
0 komentar:
Posting Komentar