Pages

Rabu, 31 Desember 2014

Essay Komunikasi Bisnis : Segmentasi pasar dan positioning produk baru


I.               Pendahuluan
Para ahli pemasaran telah banyak mengemukakan  berbagai ragam strategi pemasaran yang tentunya dapat digunakan oleh parapemasar untuk meningkatkan penjualan mereka. Dalam pemilihan strategi pemasaran itu sendiri, sebuah perusahaan harus dengan jeli memilih srategi apa yang akan ditetapkan dalam memasarkan produk mereka demi mendapatkan hasil yang paling maksimal. Jika terdapat kesalahan sedikit saja, maka tak jarang perusahaan tersebut akan menanggung kerugian besar, baik itu berupa tingkat penjualan yang menurun, penurunan nilai produk di matakonsumen, dan sebagainya.
Strategi yang sering bahkan harus digunakan dalam pemasaran adalah segmentasi pasar dan positioning. Perusahaan diharuskan memilah-milah konsumen dalam beberapa kategori untuk kemudian dipilih yang paling cocok dengan produk yang mereka tawarkan. Kemudian dengan beberapa cara mulai membentuk dan mengkomunikasikan manfaat utama yang membedakan produk dengan para pesaingnya di dalam pasar (Kotler 1997, 221). Segmentasi pasar dan positioning  telah terbukti sebagai dua strategi yang paling relevan dalam pemasaran (Kotler and Trias de Bes 2004, 20). Dengan memfokuskan diri pada segmen pasar tertentu dan melakukan positioning yang benar, perusahaan tentu akan lebih mudah memasarkan produknya pada konsumen.
PT Bintang Toejoe, selaku produsen produk kesehatan berlabel Extra Joss, talah menerapkan strategi tersebut terhadap produk barunya pada tahun 1993, Extra Joss.  Oleh karena itu studi ini bertujuan untuk membahas segmentasi pasar dan positioning yang dilakukan oleh Extra Joss. Adapun kerangka berfikir dari studi ini adalah sebagai berikut: bagian kedua akan menunjukkan dasar segmentasi yang dilakukan oleh Extra Joss. Sedangkan bagian ketiga akan memaparkan sedikit strategi positioning yang Extra Joss lakukan. Selanjutnya pada bagian keempat akan mendiskusikan pengaruh kedua strategi tersebut pada penjualan produk. Dan kesimpulan akan disajikan pada bagian terakhir studi ini.

Referensi :
Palupi,D. H. & Kartajaya, H. 1999, Bermain dengan Persepsi: 36 Kasus Pemasaran Asli Indonesia Seri 2, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kotler, P. 1997, Manajemen Pemasaran Edisi 9: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia Jilid I, PT Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, P. & Trias de Bes, F. 2004, Lateral Marketing: Berbagai Teknik Baru untuk Mendapatkan Ide-ide Terobosan, Penerbit Erlangga, Jakarta.
NN 2005, Cara Mengidentifikasikan Segmen Pasar, available at:   http://www.rsi.sg/indonesian/ruangbisnis/view/20050421172600/1/.html
Nugroho, S. 2007, Strategi Segmentasi Pasar, Available at: http://ppmfebugm.com/remarks/Strategi%20Segmentasi%20Pasar.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About