Pages

Jumat, 26 September 2014

Tugas Makalah Makroekonomi - Dasar Ilmu Ekonomi

BAB 1
Dasar-dasar Ilmu Ekonomi

A. PENDAHULUAN

            Ilmu ekonomi adalah kajian bagaimana masyarakat menggunakan sumber daya yang langka untuk memproduksi komoditi-komoditi berharga mendistribusikannya pada masyarakat luas.
            Dari definisi tersebut terdapat dua ide pokok dalam ilmu ekonomi,yaitu: keberadaan sumber daya yang langka dan masyarakat harus menggunakannya secara efisien. Situasi kelangkaan adalah situasi di mana barang terbatas, relatif terhadap keinginan. Adanya kelangkaan sumber daya dan keinginan manusia yang tak terbatas memunculkan sebuah gagasan kritis, yaitu efisiensi. Efisiensi merupakan pemanfaatan yang paling efektif atas sumber daya masyarakat dalam pemenuhan keinginan dan kebutuhan manusia.
            Jadi inti ilmu ekonomi adalah mengakui realitas kelangkaan, lalu memikirkan cara mengorganisir masyarakat dalam suatu cara yang menghasilkan pemanfaatan sumber daya yang paling efisien.
            Cabang utama ilmu ekonomi ada dua, yaitu: makroekonomi dan mikroekonomi. Makroekonomi mengamati kinerja ekonomi secara keseluruhan, sedangkan mikroekonomi berkaitan dengan perilaku entitas individual seperti pasar, perusahaan, dan rumah tangga. Kedua cabang ilmu ekonomi ini bersama-sama menjadi inti ilmu ekonomi modern.
            Ahli ekonomi menggunakan pendekatan ilmiah untuk memahami kehidupan perekonomian. Namun, para ahli ekonomi juga harus berhati-hati terhadap kesalahan pola pikir dalam penalaran ekonomi, seperti kesalahan pola pikir post hoc, kegagalan untuk menganggap hal yang lain konstan, dan kekeliruan komposisi.

B. TIGA MASALAH ORGANISASI EKONOMI

            Tiga masalah dalam suatu organisasi ekonomi adalah apa, bagaimana, dan untuk siapa. Maksudnya adalah komoditi apa yang diproduksi dan berapa jumlahnya, bagaimana barang dibuat, dan untuk siapa barang dibuat.
            Untuk menjawab pertanyaan tersebut, masyarakat yang berbeda-beda diorganisir melalui berbagai sistem ekonomi alternatif, yaitu sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi terpimpin, dan sistem ekonomi campuran.
            Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem di mana perusahaan individual dan swasta membuat keputusan mengenai produksi dan konsumsi.
            Sistem ekonomi terpimpin adalah sistem ekonomi di mana pemerintah membuat semua keputusan penting mengenai produksi dan distribusi.
            Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang mengandung elemen-elemen pasar dan terpimpin.

C. KEMUNGKINAN TEKNOLOGI MASYARAKAT

            Untuk menjawab tiga pertanyaan yang merupakan masalah ekonomi ( apa, bagaimana, dan untuk siapa ), masyarakat harus membuat pilihan atas input dan output.
            Input adalah komoditi atau jasa yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Istilah lain untuk input adalah faktor produksi. Faktor produksi dapat digolongkan menjadi 3 kelompok besar: lahan, tenaga kerja, dan modal.
            Output adalah berbagai barang atau jasa yang berguna yang dihasilkan dari proses produksi untuk dikonsumsi atau digunakan dalam proses produksi selanjutnya.
            Dengan sumber daya dan teknologi yang ada, pilihan-pilihan untuk produksi di antara dua barang dapat diikhtisarkan dalam Batas Kemungkinan Produksi ( Production Possibility Frontier / PPF ). Dalam dunia yang sumber dayanya serba langka, memilih satu hal berarti mengurangi sesuatu yang lain. Opportunity cost dari suatu keputusan adalah nilai dari barang atau jasa yang hilang.
            Efisiensi produksi terjadi ketika produksi suatu barang tidak dapat ditingkatkan ditingkatkan tanpa mengurangi produksi barang lain


BAB 2
Pasar dan Pemerintah dalam Perekonomian Modern

A. APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN PASAR ?

          Pasar adalah sebuah mekanisme yang melaluinya para pembeli dan para penjual berinteraksi untuk menentukan harga dan melakukan pertukaran barang dan jasa.
            Dalam sebuah sistem pasar, segala sesuatu mempunyai harga, yang merupakan nilai dari barang dalam satuan uang. Harga mengkoordinasikan keputusan-keputusan para produsen dan konsumen dalam sebuah pasar. Harga-harga yang lebih tinggi cenderung mengurangi pembelian konsumen dan mendorong produksi. Harga-harga yang lebih rendah mendorong konsumsi dan menghambat produksi. Harga adalah roda penyeimbang dari mekanisme pasar.
            Tatanan yang terkandung dalam sebuah ekonomi pasar pertama kali  dikemukakan oleh Adam Smith. Adam Smith menyatakan bahwa tangan yang tak kelihatan ( The Invisible Hand ) dari pasar akan menuntun kepada hasil ekonomi yang optimal ketika individu mengejar kepentingan diri mereka sendiri.
            Dan meskipun pasar jauh dari sempurna, pasar telah tebukti sangat efektif untuk menyelesaikan masalah-masalah apa, bagaimana, dan untuk siapa.

B. PERDAGANGAN, UANG, DAN MODAL

          Spesialisasi, perdagangan, uang, dan modal merupakan kunci menuju keproduktifan sebuah perekonomian maju. Namun perhatikan juga bahwa mereka memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Spesialisasi menciptakan efisiensi yang sangat besar, sementara peningkatan produksi memungkinkan perdagangan. Penggunaan uang memungkinkan perdagangan berlangsung dengan cepat dan efisien. Tanpa kemudahan untuk perdagangan dan pertukaran yang diberikan oleh uang, suatu pembagian kerja yang rumit tidak akan mungkin. Uang dan modal berhubungan karena dana untuk membeli barang-barang modal disalurkan melalui pasar keuangan, di mana tabungan orang dapat diubah menjadi modal orang lain.

C. PERAN EKONOMI DARI PEMERINTAH

            Pemerintah mempunyai tiga fungsi ekonomi yang utama dalam sebuah ekonomi pasar. Fungsi-fungsi ini adalah meningkatkan efisiensi, memajukan keadilan, dan membantu perkembangan stabilitas dan pertumbuhan makroekonomi.
            Pemerintah meningkatkan efisiensi dengan menciptakan persaingan, mengendalikan eksternalitas seperti polusi, dan menyediakan barang-barang publik.
            Pemerintah memajukan keadilan dengan menggunakan pajak dan program-program pengeluarannya untuk mendistribusikan kembali pendapatan kepada kelompok-kelompok khusus.
            Pemerintah membantu perkembangan stabilitas dan pertumbuhan makroekonomi ( misalnya mengurangi pengangguran dan inflasi sambil mendorong pertumbuhan ekonomi ) melalui kebijakan fiskal dan regulasi moneter.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About