I.
Pendahuluan
Para
ahli pemasaran telah banyak mengemukakan
berbagai ragam strategi pemasaran yang tentunya dapat digunakan oleh
parapemasar untuk meningkatkan penjualan mereka. Dalam pemilihan strategi
pemasaran itu sendiri, sebuah perusahaan harus dengan jeli memilih srategi apa
yang akan ditetapkan dalam memasarkan produk mereka demi mendapatkan hasil yang
paling maksimal. Jika terdapat kesalahan sedikit saja, maka tak jarang
perusahaan tersebut akan menanggung kerugian besar, baik itu berupa tingkat
penjualan yang menurun, penurunan nilai produk di matakonsumen, dan sebagainya.
Strategi
yang sering bahkan harus digunakan dalam pemasaran adalah segmentasi pasar dan positioning. Perusahaan diharuskan
memilah-milah konsumen dalam beberapa kategori untuk kemudian dipilih yang
paling cocok dengan produk yang mereka tawarkan. Kemudian dengan beberapa cara
mulai membentuk dan mengkomunikasikan manfaat utama yang membedakan produk
dengan para pesaingnya di dalam pasar (Kotler 1997, 221). Segmentasi pasar dan positioning telah terbukti sebagai dua strategi yang paling
relevan dalam pemasaran (Kotler and Trias de Bes 2004, 20). Dengan memfokuskan
diri pada segmen pasar tertentu dan melakukan positioning yang benar, perusahaan tentu akan lebih mudah
memasarkan produknya pada konsumen.
PT
Bintang Toejoe, selaku produsen produk kesehatan berlabel Extra Joss, talah
menerapkan strategi tersebut terhadap produk barunya pada tahun 1993, Extra
Joss. Oleh karena itu studi ini
bertujuan untuk membahas segmentasi pasar dan positioning yang dilakukan oleh
Extra Joss. Adapun kerangka berfikir dari studi ini adalah sebagai berikut:
bagian kedua akan menunjukkan dasar segmentasi yang dilakukan oleh Extra Joss.
Sedangkan bagian ketiga akan memaparkan sedikit strategi positioning yang Extra
Joss lakukan. Selanjutnya pada bagian keempat akan mendiskusikan pengaruh kedua
strategi tersebut pada penjualan produk. Dan kesimpulan akan disajikan pada
bagian terakhir studi ini.
Referensi :
Palupi,D. H. & Kartajaya, H. 1999, Bermain dengan Persepsi: 36 Kasus Pemasaran
Asli Indonesia Seri 2, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kotler, P. 1997, Manajemen
Pemasaran Edisi 9: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia
Jilid I, PT Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, P. & Trias de Bes, F.
2004, Lateral Marketing: Berbagai Teknik
Baru untuk Mendapatkan Ide-ide Terobosan, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Masasi
Team 2007, Segmentasi Pasar,
Available at: http://www.masasi-indonesia.com/index.php?menu=artikel_detail&artikel=false&id=12
NN
2005, Cara Mengidentifikasikan Segmen Pasar,
available at: http://www.rsi.sg/indonesian/ruangbisnis/view/20050421172600/1/.html
Nugroho,
S. 2007, Strategi Segmentasi Pasar,
Available at: http://ppmfebugm.com/remarks/Strategi%20Segmentasi%20Pasar.html
0 komentar:
Posting Komentar